Stretch Mark Membuatmu Malu? Begini Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Harus Kamu Tahu

/
/
/
100 Views
img

Ada banyak masalah kulit yang bisa membuat wanita malu, salah satunya adalah stretch mark. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah kulit yang satu ini. Penampakan dari stretch mark adalah berupa guratan-guratan halus pada kulit, bisa dipastikan semakin banyak guratan stretch mark, kamu juga pasti akan merasa semakin malu dan kesal.

Stretch mark biasanya dialami oleh para wanita yang baru melahirkan. Namun, ternyata stretch mark juga bisa menjadi pertanda bahwa kita sedang kekurangan nutrisi atau kelebihan berat badan.

Memangnya, awal mula terjadinya stretch mark itu gimana sih? Dan bagaimana cara menghilangkannya?

Berikut ulasannya!

Stretch mark atau striae adalah suatu gangguan kulit yang terjadi karena peregangan kulit secara berlebihan dan biasanya dialami oleh para wanita setelah hamil dan melahirkan. Penampakan dari stretch mark sendiri umumnya berwarna putih, merah keunguan atau cokelat kemerahan, tergantung dari warna kulitmu.

Tapi… tenang saja cans, kamu bisa mengatasinya sendiri kok, tentunya dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

1. Lemon 

Cara menghilangkan stretch mark yang pertama adalah dengan buah lemon. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan buah dari golongan citrus ini.

Lemon mengandung vitamin C yang dapat menutrisi kulit. Selain itu, lemon juga menyimpan kandungan asam alpha hidroksi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Kamu bisa menjadikan lemon sebagai bahan utama masker untuk menghilangkan stretch mark lho cans. Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu mengoleskan air perasan lemon ke bagian kulit yang mengalami stretch mark.  Masker lemon ini akan membantumu meregenerasi kulit dan menghilangkan stretch mark secara perlahan. Jadi, kami sarankan untuk melakukannya secara rutin.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa menjadi cara kedua untuk menghilangkan stretch mark. Minyak zaitun adalah minyak yang memiliki banyak manfaat, selain dapat membantu menjaga kesehatan jantung, minyak ini juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit lho cans, salah satunya menghilangkan stretch mark.

Minyak zaitun mengandung linoleic acid yang dapat membantu untuk menymbuhkan dan menjaga kadar air dalam kulit. Tak hanya itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan polifenol yang bermanfaat untuk meregenerasi kulitmu yang mengalami kerusakan.

Caranya sangat mudah lho cans, kamu cukup menyiapkan minyak zaitun dengan label “extra virgin olive oil” dan mengoleskannya ke bagian kulit yang terkena stretch mark. Pijat dengan lembut selama 5-15 menit. Lakukan secara rutin ya cans, supaya stretch mark yang ada di tubuhmu segera lenyap.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan stretch mark yang ketiga adalah dengan menggunakan lidah buaya. Kamu pasti sring banget melihat “aloe vera” pada label berbagai produk kecantikan. Lidah buaya memang kaya akan manfaat untuk kecantikan kulit, salah satunya menghilangkan stretch mark.

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin C dan E yang baik untuk menutrisi kulit, selain itu lidah buaya bisa memberikan efek menenangkan pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan, itu sebabnya lidah buaya sering digunakan sebagai obat pertolongan pertama pada kulit terbakar.

Mengaplikasikannya pun sangat mudah lho cans, kamu cukup mengambil gel lidah buaya lalu mengoleskan dan menempelkannya pada kulit yang mengalami stretch mark. Diamkan selama15 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin ya cans.

4. Kentang 

Kentang yang biasa kamu jadikan camilan ini, ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark lho cans.

Kentang mengandung mineral yang baik untuk meregenerasi kulit tubuhmu, selain itu kandungan polifenol dan karotenoid bisa membantu memperbaiki tekstur kulit.

Caranya, kamu cukup menumbuk kentang mentah yang sudah kamu cuci bersih lalu membalurkannya pada bagian yang ada stretch mark. Diamkan sampai mengering. Dan kalau kamu mau hasil yang semakin oke, kamu bisa banget masukkan susu dalam masker kentangmu.

5. Putih Telur

Cara menghilangkan stretch mark yang kelima adalah dengan menggunakan putih telur. Mungkin, kamu merasa kurang nyaman dengan baunya, tapi jangan sala cans, putih telur ini bisa bantu kamu mengilangkan stretch mark lho.

Hal itu dikarenakan putih telur kaya akan kandungan protein yang bisa membantu peremajaan dan meregenerasi kulit, yang akan membuat kulitmu terlihat semakin cerah.

Caranya, kocok putih telur, lalu oleskan pada bagian kulit stretch mark yang sudah kamu bersihkan sebelumnya, diamkan sampai mengering, setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari supaya stretch mark-mu lekas hilang.

6. Rutin berolahraga

Cara menghilangkan stretch mark secara alami berikutnya adalah dengan rutin berolahraga.

Kenapa olahraga bisa membuat stretc mark-mu hilang?

Itu karena, saat kamu rutin berolahraga, kulit-kulitmu akan mengencang dengan sendirinya. Mungkin, kamu bisa mencoba, squat atau jum squat setiap pagi sebelum makan supaya kulitmu bisa kembali mulus seperti semula.

 

Selain cara-cara alami yang sudah kami sebutkan, kamu bisa mencoba menghilangkannya dengan obat-obatan topikal (obat oles) yang bisa kamu beli di apotek, supermarket dan toko obat. Berikut ini adalah obat-obatan topikal yang bisa membantumu menghilangkan stretch mark.

1. Krim retinoid

Krim retinoid adalah produk turunan vitamin A, seperti obat topikal yang mengandung tretinoin. Kamu bisa mengoleskan krim ini pada stretch mark yang baru tebentuk, dan kulitmu bisa kembali mulus.

Sayangnya, meski cukup efektif  untuk meningkatkan produksi kolagen, krim ini tidak direkomendasikan untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan kecacatan pada bayi.

2. Krim Asam Hialuronat

Asam hialuronat yang terdapat dalam krim ini juga bisa merangsang produksi kolagen, oleh karena itu bisa kamu jadikan obat penghilang stretch mark. Namun, sama seperti krim retinoid, keamanan krim ini untuk wanita hamil masih belum pasti.

Setelah mengetahui cara menghilangkan stretch mark secara alami dan obat-obatan topikal, mungkin kamu juga ingin tahu, cara menghilangkan stretch mark melalui prosedur medis, seperti:

3. Microneeding 

Cara ini menggunakan alat khusus bernama dermaroller. Jika kamu tipe orang yang takut akan jarum, mungkin kamu bisa melewatkan prosdur medis yang satu ini.

Pasalnya, guna memicu produksi kolagen dan elastin, prosedur ini menggunakan jarum-jarum yang berukuran sangat kecil untuk membuat titik-titik luka yang sangat halus di kulit.

4. Mikrodermabrasi

Prosedur medis yang juga bisa kamu ikuti untuk menghilangkan stretch mark adalah mikrodermabrasi. Prosedur ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi, yang akan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis.

5. Terapi Laser

Prosedur medis berikutnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan stretch mark adalah terapi laser. Terapi laser sangat terkenal dalam dunia perawatan kulit, salah satunya untuk menghilangkan stretch mark. Prosedur ini memicu produksi kolagen dan elastin pada kulit dengan sinar laser. Terapi ini dinilai sangat efektif untuk meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki struktur kulit.

Nah, cans… ada banyak cara untuk menghilangkan stretch mark, dari cara alami sampai sampai cara medis. Kamu bisa memilih salah satunya yang kamu rasa sangat sesuai dengan dirimu. Kira-kira kamu pakai cara yang mana nih?

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :