Jangan Buru-buru Dilaser, Begini Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami di Rumah

/
/
/
75 Views

Selulit adalah salah satu masalah kulit yang membuat rasa percaya diri pada wanita jadi turun. Meski kadang, letak selulit ini agak tersembunyi, tetap saja, saat kita berdiri di depan cermin dan melihat penampakan selulit, kita sendiri akan terganggu.

Tapi tenang aja cans, nggak usah buru-buru buat nge-laser, kamu bisa kok mengatasi selulit dengan bahan-bahan alami dan pastinya bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Hmmm, apa saja?

Simak ulasannya berikut ini!

Sebelum membahas cara menghilangkan selulit, kamu harus tahu, apa itu selulit.

Selulit adalah suatu kondisi yang membuat tampilan kulit terlihat bergelombang, hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan distribusi lemak, otot, dan jaringan ikat. Terbentuknya selulit, saat timbunan lemak terdorong melewati jaringan ikat di bawah kulit. Bagian tubuh yang paling jelas terpengaruh dengan kondisi tersebut adalah bokong dan paha, meski selulit juga bisa terjadi di bagian tubuh yang lain.

Belum diketahui penyebab pasti selulit, namun, ada beberapa sumber yang menyebutkan jika selulit adalah hasil interaksi antara lapisan kulit atas dengan lapisan lemak yang tepat berada di bawahnya.

Selulis lebih serng terjadi pada wanita dibandingkan dengan laki-laki. Kemungkinan, hal itu disebabkan oleh adanya perbedaan susunan sel-sel lemak dan jaringan. Pada wanita, disusun secara vertikal, jika sel lemak menonjol ke dalam lapisan kulit, hal itu akan mmeberikan tampilan selulit. Sedangkan pada pria, tersusun secara berselang-seling, yang mungkin membuat pria memiliki kemungkinan lebih kecil memiliki selulit daripada wanita.

Lalu apakah ada cara untuk menghilangkan selulit?

Untuk menghilangkan selulit, kamu bisa mencoba cara-cara berikut ini:

  1. Melakukan Pijat

Cara menghilangkan selulit yang pertama adalah dengan melakukan pijat. Selain bisa menenangkan pikiran, pijat juga diduga dapat mengurangi selulit.

Ini karena pijat memiliki fungsi untuk membantu sirkulasi sistem limfatik dalam tubuh. Kamu bisa melakukannya sendiri atau untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa mengundang terapis pijat.

Tapi, yang perlu diingat ya cans, bahwa satu kali pijat tidak akan membuat selulitmu langsung hilang seketika. Kamu perlu melakukannya berkali-kali secara rutin sampai mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

2. Scrub Kopi

Cara menghilangkan selulit yang kedua kamu bisa menggunakan scrub kopi. Jika biasanya kamu mengonsumsi kopi untuk diminum supaya nggak ngantuk, maka kali ini, gunakan kopi untuk menghilangkan selulit.

Kandungan kafein dalam kopi merupakan zat anti-selulit. Kopi berguna untuk mencegah berkumpulnya lemak pada sel dan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi lekukan pada kulit. Selain itu, kafein juga diyakini dapat mengencangkan kulit dengan meningkatkan aliran darah dan melenyapkan kelebihan air.

Membuat scrub dari kopi nggak susah kok cans, kamu hanya perlu menambahkan sedikit air hangat pada bubuk kopi, aduk keduanya sampai tercampur rata. Balurkan scrub kopi ke bagian selulit di tubuhmu dan pijat secara perlahan. Hindari menekan scrub kopi terlalu kuat ke kulit. Beberapa menit setelah pemijatan, bilas dengan air bersih.

Catatan tambahan untuk pemilik kulit kering, bisa menambahkan minyak zaitun atau kelapa ke dalam scrub kopi ya cans.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu cara alami untuk menghilangkan selulit. Jika kamu termasuk dalam golongan orang obesitas atau overweight, kamu bisa mulai menyusun rencana memberantas lemak dalam tubuh. Cara ini dipercaya dapat menyamarkan tampilan selulit yang melekat pada kulitmu.

4. Berolahraga 

Setelah menurunkan berat badan, kamu bisa menghilangkan selulit dengan cara berolahraga. Dengan berolahraga, kamu akan membentuk otot yang kuat dan kulit yang kencang, dengan begitu selulit akan lebih tersamarkan.

Kamu bisa mencoba olaharaga squat, jump-squat, dan side to side.

5. Menambah Asupan Air Putih

Minum air putih menjadi salah satu cara untuk membantu menghilangkan selulit yang menganggu penampilanmu.

Air putih adalah solusi paling mudah da murah meriah untuk mengatasi masalah selulitmu. Selain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, air puith juga bisa menghempaskan racun yang menyebabkan penumpukan lemak, merangsang sirkulasi dan kelancaran sistem limfatik dalam tubuhmu.

Pastikan untuk selalu minum air putih minimal  2 liter per harinya ya cans.

Selain 5 cara alami diatas, mungkin kamu bisa mencoba dua cara yang melibatkan beberapa produk atau suplemen berikut ini:

1. Self-tanning

Self tanning bisa menjadi cara menghilangkan selulit yang paling mudah. Jika semua cara yang sudah kami sebutkan kamu rasa sangat menyiksa, mungkin kamu bisa mempertimbangkan penggunaan krim atau semprotan self-tanner. Hal tersebut akan membuat warna kulitmu jadi lebih coklat.

Sebelum melakukan self-tanning, kamu bisa mencoba untuk eksfoliasi bagian selulit terlebi dulu. Tujuan dilakukannya langkah ini adalah untuk memastikan penggunaan produk penggelap lebih merata.

Pastikan untuk menggunakan produk self-tanner yang aman dan sudah terdaftar di BPOM.

Sebenarnya untuk cara ini kamu akan mengeluarkan sedikit biaya, dan agak kurang cocok untuk orang Indonesia yang rata-rata memiliki warna kulit sawo matang dan coklat eksotis.

Untuk self-tanning sendiri, pastikan kamu tidak berjemur di bawah matahari secara langsung dan hindari penggunaan alat khusus bernama tanning bed. Bahkan, disarankan untuk kamu tidak melakukan kedua proses ini, karena  bisa berisiko penuaan dini dan kanker kulit.

2. Mengonsumsi Suplemen Kolagen Peptida Bioaktif

Mengonsumsi suplemen kolagen peptida bioaktif bisa menjadi cara menghilangkan selulit yang patut kamu coba. Pasalnya, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan kolagen peptida bioaktif (BCP) dapat menyamarkan selulit dan kerutan pada kulit.

Pada penelitian yang dilakukan pada 105 partisipan wanita selama 6 bulan, ditemukan hasil penelitian bahwa penggunaan BCP dalam jangka panjang dapat membantu mengurangi selulit dan memberikan pengaruh positif pada kesehatan kulit.

Tapi, untuk cara yang satu ini, lebih baik kamu konsultasikan terlebih dulu dengan dokter ya cans. Karena, suplemen sama seperti obat-obatan lainnya yang bisa saja mempunyai efek samping.

Nah, cans, apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya?

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :