Jangan Asal Percaya Dengan Minuman Ini! Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Minuman Kolagen

/
/
/
114 Views

Hallo cans…

Akhir-akhir ini kita sering melihat dan mendengar produk-produk minuman kolagen yang memberikan janji bisa membuat kulit lebih kencang, kenyal dan halus. Hebohnya tentang produk-produk kolagen tersebut semakin menjadi saat banyak kalangan selebriti yang mempromosikan manfaat dari minuman kolagen.

Tapi, benarkah sehebat itu manfaat kolagen untuk kecantikan?

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk-produk kolagen tersebut, tidak ada salahnya kamu mengetahui tentang fakta-fakta minuman kolagen berikut ini

Kolagen itu apa sih?

Kolagen adalah protein alami dalam tubuh yang jumlahnya melimpah dan terdapat di dalam kulit, tulang, otot, tendon dan ligamen.

Kolagen juga merupakan protein yang membentuk sekitar 75% kulit manusia. Karena protein ini, kulit kita jadi tampak lebih kencang dan kenyal. Selain itu, kolagen ini juga berfungsi seperti perekat yang menyatukan seluruh bagian tubuh.

Sayangnya, kolagen ini tidak bisa terus menerus berada dalam tubuh manusia, seiring bertambahnya usia kita, jumlah kolagen dalam tubuh juga bisa ikut berkurang.

Menyusutnya kolagen tidak hanya disebabkan oleh usia kita yang semakin menua, tetapi juga disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mengonsumsi gula berlebihan, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, dan merokok.

Apakah minuman kolagen cukup efektif menjaga kesehatan kulit?

Sejak dulu, kolagen memang sudah sangat dipercaya untuk merawat kecantikan kulit. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa suplemen kolagen dapat membantu memperbaiki kondisi kulit.

Sayangnya, pada penelitian-penelitian itu, baru diujikan pada hewan, meski bisa memberikan hasil positif pada hewan, belum tentu bisa memberikan efek yang sama bagusnya saat diujikan pada manusia.

Selain itu, pada penelitian-penelitian tersebut masih sering menggabungkan kolagen dengan bahan-bahan lain. Karena alasan tersebut, belum bisa dipastikan apakah benar pengaruh positif tersebut karena kolagen semata atau karena adanya tambahan bahan-bahan lainnya.

Kalaupun, ada penelitian yang mengujikan kolagen secara langsung pada manusia, kebanyakan penelitian tersebut didasari oleh adanya permintaan orang-orang yang secara kebetulan menjual suplemen kolagen tersebut. Hasil penelitian tersebut tentu akan bersifat bias.

Jadi, apakah kolagen bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit?

Menurut para ahli, kolagen tetap menjanjikan untuk kesehatan dan kecantikan kulit, seperti mengencangkan kulit, mencegah penuaan, mengurangi selulit, meningkatkan massa otot dan meredakan nyeri sendi.

Kolagen, tak terkecuali minuman kolagen bisa menjadi sumber protein yang sangat baik dan rendah sodium. Meski bukti mengenai manfaat kolagen masih belum pasti, kolagen diduga bermanfaat untuk pembentukan otot dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada 53 orang pria lanjut usia dengan sarkopenia, yakni penurunan massa otot seiring bertambahnya usia, menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari dan diiringi olahraga angkat beban secara rutin, lebih bisa membentuk otot secara signifikan dibandingkan dengan kelompok yang hanya melakukan latihan angkat beban.

Selain itu, pada penelitian-penelitian yang lain mengungkapkan jika kolagen dalam bentuk suplemen atau oles bisa menyembuhkan luka lebih cepat. Dan itu setara dengan suture, yakni prosedur medis untuk menjahit luka.

Lalu apakah ada cara lain untuk awet muda selain mengonsumsi suplemen atau minuman kolagen?

Untuk memiliki tampilan kulit yang kencang, kenyal dan awet muda, sah-sah saja kalau kamu mau mengonsumsi suplemen atau minuman kolagen. Tapi, cans… jika ada cara lain yang lebih efektif dan murah untuk membuat kulitmu semakin bercahaya, kenapa kita tidak mencobanya.

Untuk membuat kulit tampak lebih awet muda, kamu bisa:

a. Menggunakan tabir surya dengan perlindungan UVA yang tinggi

Penuaan kulit tidak hanya disebabkan oleh usia yang semaki bertambah, tetapi juga disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat terbentuk karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Untuk itu, kamu harus memberikan perlindungan pada kulit dengan mengaplikasikan tabir surya yang mempunyai perlindungan tinggi terhadap sinar ultraviolet A (UVA) supaya kulit tidak cepat keriput.

b. Menggunakan krim yang mengandung vitamin A

Vitamin A yang terkandung dalam krim wajah, seperti retinol dan tretinoin, bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

c. Menjaga kelembaban kulit

Untuk menjaga kulit tetap lembab kamu bisa menggunakan serum dan pelembab yang memiliki kandungan gliserin atau asam hialuronat. Dua zat tersebut mempunyai efek yang dapat membuat kulit kenyal.

 

Nah, cans.. Itulah sekilas fakta mengenai kolagen. Jangan mudah percaya dengan klaim suplemen atau minuman kolagen yang bertebaran di pasaran, pastikan produk kolagen itu terdaftar di BPOM atau tidak.

Dan lagi, untuk memiliki kulit cantik kamu harus menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup yang sehat, tidak bisa hanya mengandalkan minuman kolagen.

Dan terakhir supaya lebih aman, sebelum kamu memutuskan untuk mengonsumsinya, kamu bisa konsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Salam sehat!

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :