Cara Perawatan Wajah Sehari-Hari Agar Tidak Berjerawat

/
/
/
210 Views
img

Sampai sekarang jerawat memang masih menjadi masalah kecantikan yang sepertinya tidak akan pernah habis untuk dibahas. Wajah yang berjerawat kerap membuat para kaum hawa tidak percaya diri. Tak jarang karena gemas dengan jerawat yang menempel di wajah, mereka tak segan-segan untuk membeli serum jerawat yang harganya mahal atau pergi ke dermatologis terkenal.

Bagi kaum menengah ke atas tentu tidak masalah jika harus menggelontorkan uang banyak, tapi bagaimana dengan para kaum menengah ke bawah?

Oleh karena itu, cantiknesia kali ini akan membagikan cara merawat kulit yang baik dan benar, supaya kulit wajahmu lebih mulus dan terawat.

Yuk kita simak!

1. Gunakan Sabun dan Cleanser yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Kamu harus mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu. Untuk jenis kulit berminyak kamu dapat menggunakan produk pembersih wajah yang bersifat deep cleansing.

Sedangkan, untuk kulit yang cenderung normal kamu bisa gunakan produk gentle cleanser.

Untuk kulit berjerawat biasanya lebih sensitif, jadi disarankan untuk memilih produk perawatan yang benar agar tidak terjadi iritasi. Untuk jenis kulit tersebut, gunakan sabun muka yang lembut dan tidak mengandung scrub. Butiran-butiran scrub tersebut dapat memicu pertumbuhan jerawat.

Sebelum mencuci muka, bersihkan dulu wajahmu dengan cleanser atau cleanser milk atau oil, agar kulit wajah bersih maksimal.

2. Gunakan Toner dan Vitamin C

Fungsi toner adalah mengembalikan keseimbangan pH dan menyegarkan kulit, serta memaksimalkan proses cleansing. Sedangkan, vitamin C berfungsi memberi perlindungan anti acne dan menyembuhkan serta mempercepat jaringan kulit baru.

Dengan menggunakan toner, kadar minyak pada kulit berjerawat akan lebih terkontrol.

Kamu bisa menggunakan toner yang mengandung vitamin C atau bahan aktif salicylic acid yang bagus untuk merawat kulit type acne prone.

3. Eksfoliasi Ringan Secara Rutin

Eksfoliasi dibutuhkan oleh kulit berjerawat, sayangnya terlalu sering melakukannya akan membuat kulit iritasi. Kamu cukup melakukannya 1-2 kali seminggu, namun untuk jenis kulit sensitif cukup dilakukan 1 kali dalam seminggu.

Untuk eksfoliasi ringan kamu bisa menggunakan glycolic atau salycylic acid, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dengan melepaskan sel-sel kulit mati.

Rutinitas ini juga dipercaya dapat menghilangkan noda bekas jerawat lho…

4. Menggunakan Pelembab Wajah yang Ringan dan Berbahan Dasar Air

Untuk kulit halus terawat, kamu tidak boleh melewatkan pelembab. Pelembab berguna untuk melindungi kulit wajah. Untuk kulit berjerawat disarankan menggunakan pelembab yang berbahan dasar air dan memiliki tekstur gel, karena lebih ringan.

5. Mengontrol Minyak dan Kelembapan Kulit

Mempunyai jenis kulit yang cenderung berminyak tidak dapat dijadikan alasan untuk menghindari penggunaan moisturizer.

Karena saat kulit mengalami dehidrasi, kelenjar sebum akan memproduksi lebih banyak minyak yang dapat merangsang lahirnya jerawat.

Kamu bisa gunakan moisturizer water gel based yang baik untuk kulitmu.

6. Menggunakan Obat Jerawat yang Sesuai dengan Kulit Wajah

Menggunakan obat jerawat akan membantumu melenyapkan jerawat. Ada banyak pilihan obat jerawat, diantaranya: salicylic acid, tea tree, sulfur, dan benzoyl peroxide.

7. Sebelum Tidur Wajib Membersihkan Wajah

Saat tidur mengalami regenerasi maksimal, maksudnya, kotoran dan sisa make up yang tidak kita bersihkan setelah beraktivitas seharian akan menghalangi proses perbaikan kulit, justru akan menyebabkan masalah.

Gunakan pembersih yang mengandung formula hypoallergenic, sehingga aman untuk kulit berjerawat dan sensitif.

8. Gunakan Masker Untuk Deep Cleansing

Untuk membersihkan minyak dan kotoran yang sulit dijangkau pembersih, kamu bisa menggunakan masker. Tapi, bukan sembarang masker, untuk kamu yang berjerawat kamu disarankan untuk menggunakan masker clay yang dapat menyerap residu dalam pori-pori kulit lebih optimal.

9. Hijrah Ke Kosmetik Non Comedogenic

Kosmetik memang hanya berguna untuk mempercantik penampilan, namun kosmetik adalah partner kaum hawa untuk meningkatkan rasa percaya diri. Iya kan?

Mulai sekarang hijrah-lah ke kosmetik non comedogenic supaya tidak menyumbat pori-pori dan semakin memperparah kondisi jerawat.

10. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Selain perawatan dari luar, kamu juga harus merawat kulitmu dari dalam ya cans. Jadi, mulai sekarang kamu harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur, hal itu akan menutrisi kulitmu dari dalam dan membantu melancarkan sistem pembuangan racun yang akan mengakibatkan kulitmu jadi lebih bersih dan cerah.

Nah, cans, itu tadi adalah 10 cara merawat kulit agar tidak berjerawat. Mudah bukan? Selamat mencoba!

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :