Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Mandiri dengan Benar

/
/
/
94 Views

Hallo cans…

Kamu pasti pernah mengalami rambut rontok. Jika yang rontok hanya sehelai atau dua helai mungkin kamu akan biasa saja, tapi, saat jumlah rambut rontok terus bertambah pasti kamu akan mulai khawatir. Meski, bisa dibilang rambut rontok ini adalah hal yang biasa, tetapi bagi sebagian orang rambut rontok adalah masalah yang harus diatasi.

Untuk itu, hari ini cantiknesia akan mengulas tentang penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya.

Berikut ulasannya!

Penyebab Rambut Rontok

Terjadinya rambut rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya karena usia yang semakin bertambah, kondisi medis, genetik, atau akibat proses kimia yang pernah dilakukan seperti mewarnai rambut dan meluruskan rambut secara permanen. Selain itu, ada faktor-faktor lain yang bisa membuat rambutmu rontok, seperti:

  1. Kurang Asupan Gizi

Kesehatan rambut kita ternyata juga dipengaruhi oleh apa yang kita makan lho cans. Saat yang kita makan tidak mengandung nutrisi yang baik, maka bisa dipastikan rambut akan tumbuh tipis dan rapuh, sehingga rambut menjadi rontok.

Buat kamu yang saat ini sedang diet, pastikan diet yang kamu jalani adalah jenis diet yang aman dan sehat ya cans, sebab diet yang ekstrem akan mengakibatkan kerontokan rambut. Bisa saja kan, dalam dietmu kamu melewatkan makanan yang mengandung zink dan protein yang diperlukan rambut?

2. Perubahan Hormon

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh perubahan hormonal. Perubahan hormonal biasanya terjadi saat kehamilan, persalinan, menopause dan gangguan tiroid.

3. Pengaruh Obat-obatan Tertentu

Rambut rontok juga bisa dipengaruhi oleh obat-obatan lho cans. Coba sebelum minum obat, kamu cari tahu apakah ada efek samping dari obat-obatan yang kamu minum?

4. Psikologis 

Rambut rontok bisa juga disebabkan karena kondisi psikologis, kondisi itu bisa berupa stres, depresi atau tekanan fisik yang berat. Untuk kasus yang ini, kerontokan rambut tidak akan sampai menjadikan pemilik rambut mengalami kebotakan, bahkan kerontokan rambut bisa berkurang dengan sendirinya tanpa perlu penanganan medis.

Setelah tahu penyebab rambut rontok, kamu pasti ingin tahu bagaimana cara mengatasinya. Untuk mengatasi rambut rontok kamu bisa menggunkan bahan-bahan alami, seperti berikut ini:

  1. Yoghurt

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama kamu bisa memanfaatkan yoghurt. Yoghurt mengandung kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang menutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. 

Caranya, kamu cukup menjadikan yoghurt seperti masker rambut. Dan memijat kepala dengan lembut selama kurang lebih  menit, lalu bersihkan dengan shampo dan air bersih.

2. Santan 

Cara mengatasi rambut rontok yang kedua adalah dengan menggunakan santan. Jika biasanya kamu menggunakan santan sebagai kuah opor ayam, maka kali ini kamu harus merelakannya menjadi masker rambut. Santan akan membuat rambutmu halus dan mudah diatur dan tidak rontok saat disisir.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan santan yang masih kental dan mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Pijat dengan lembut. Diamkan selama 5 menit. Lalu bersihkan rambut dengan shampo dan air bersih.

3. Lidah Buaya 

Lidah buaya menjadi pilihan selanjutnya untuk mengatasi rambut rontok. Tentunya kamu sudah hafal dengan kandungan nutrisi lidah buaya yang meliputi vitamin A, D, zat besi dan protein yang dipercaya oleh para ahli dapat mengatasi masalah rambut rontok. Tanaman bernama latin aloe vera ini akan membuat kulit kepalamu lebih terlindungi sehingga mencegah kerontokan rambut.

Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan lidah buaya dan mengupasnya. Ambil gel-nya lalu aplikasikaan ke seluruh permukaan rambut dan kepala. Tunggu sampai 15 menis. Bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari ya cans, supaya rambutmu makin ternutrisi.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang dipercaya bisa mengatasi masalah rambut rontok. Hal itu karena minyak zaitun kaya akan nutrisi baik, seperti vitamin A, C, D, E, dan K, zat besi, dan kalsium yang baik untuk mengurangi rambut rontok.

Caranya mudah, kamu cukup membalurkan minyak zaitun ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut, lalu pijat dengan lembut. Tunggu selama 30 menit. Kemudian bersihkan dengan shampoo dan air bersih. Kamu bisa melakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang baik.

Tentu saja, selain melakukan perawatan rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami, kamu juga harus mulai mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa membuat rambutmu rontok dan mengubahnya ke kebiasaan yang baik, diantaranya:

a. Hindari mengikat/menguncir/mengepang rambut terlalu kencang
b. Hindari penggunaan catokan, pengeriting atau hair dryer terlalu sering karena akan membuat rambutmu jadi tipis dan gampang rontok
c. Menghentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut
d. Usahakan untuk menggosok dengan lembut saat keramas dan menghindari memijat kepala dengan kuku saat menggaruk kulit kepala
e. Memakai sisir yang giginya jarang
f. Menerapkan pola makan gizi seimbang setiap hari
g. Mengelola stres

Selain cara-cara yang sudah kami sebutkan, ada cara lain mengatasi rambut rontok, yaitu dengan obat-obatan.

Beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan nyaris botak adalah sebagai berikut:

a. Minoxidil

Cara mengatasi rambut rontok dengan obat-obatan yang pertama kamu bisa mengguanakn minoxidil atau bisa disebut juga dengan rogaine. Obat ini berfungsi untuk mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut. 

Obat ini berbentuk cair dan cara pakainya cukup simpel, hanya digosokkan ke kulit kepala dua kali sehari.

Sayangnya, ada efek samping yang ditimbulkan dari obat ini, seperti iritasi kulit kepala, rambut yang tumbuh di bagian-bagian dekat dengan wajah, dan debar jantung yang lebih cepat dari biasanya.

b. Finasteride

Obat  lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok adalah finasteride atau bisa disebut dengan propecia. 

Obat ini berbentuk pil dan hanya dianjurkan untuk digunakan oleh pria. Obat ini dapat memperlambat kerontokan rambut dan di beberapa kasus dapat menumbuhkan rambut baru.

Seperti minoxidil, obat ini juga memiliki efek samping, seperti turunnya fungsi seksual gairah seks berkurang dan meningkatkan risiko kanker prostat.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat-obatan tersebut, untuk lebih amannya, lebih baik kamu konsultasikan ke dokter dulu ya cans. Biarkan dokter yang memberikan diagnosa terkait dengan rambut rontokmu.

Terima kasih! Semoga bermanfaat.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :