Cara Cepat Menurunkan Berat Badan yang Aman dan Sesuai Sains

/
/
/
149 Views

Hai Cans…

Kamu tentunya yang sedang bermasalah dengan berat badan berlebih sudah banyak membaca artikel bahkan video tentang cara menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi apakah itu aman dan terbukti secara sains?

Saat kamu sudah mulai menjalankan diet, kamu seringkali merasa lapar dan itu membuatmu merasa tidak puas dan tersiksa. Itu adalah salah satu alasan kenapa banyak diantara kita yang tidak konsisten menjalani diet.

Akan tetapi, tidak semua jenis diet berdampak seperti itu. Salah satunya diet rendah karbohidrat. Diet ini dipercaya sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan bisa dibilang lebih mudah untuk diikuti dibandingkan dengan diet lainnya.

Rencana penurunan berat badan ini bertujuan untuk:

1. Mengurangi nafsu makan secara signifikan
2. Menurunkan berat badan dengan cepat
3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Berikut 3 langkah sederhana menurunkan berat badan menurut Sains.

1. Mengurangi Karbohidrat

Mengurangi karbohidrat tidak sama dengan menghilangkan karbohidrat pada menu harianmu. Kamu hanya perlu mengurangi konsumsi gula, pati, atau karbohidrat, karena hal tersebut adalah bagian terpenting dalam diet ini.

Dengan memangkas konsumsi karbohidrat, tubuh akan mulai membakar lemak yang tersimpan untuk diubah menjadi energi.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengurangi konsumsi karbohidrat adalah menurunkan kadar insulin, dengan begitu ginjal akan melepaskan kelebihan sodium dan air. Hal tersebut akan mengurangi kembung dan berat air yang tidak perlu.

Beberapa ahli diet berpendapat bahwa tidak jarang kita akan kehilangan sekitar 4-5 KG pada minggu pertama kita menjalankan program diet ini. Meskipun dalam hal ini yang menurun tidak hanya lemak tubuh, melainkan diikuti dengan menghilangnya air dalam tubuh.

Pada sebuah studi yang melakukan penelitian pada wanita obesitas menunjukkan hasil bahwa diet rendah karbohidrat lebih efektif menurunkan berat badan dalam jangka pendek dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Pada penelitian itu mengungkapkan jika diet rendah karbohidrat mampu mengurangi nafsu makan, yang akan membuatmu makan dalam jumlah sedikit. Itu artinya asupan kalori yang masuk juga sedikit. Selain itu kamu tidak akan merasa lapar.

Singkatnya, dengan memangkas karbohidrat yang masuk dapat mengakibatkan penurunan berat badan dengan cepat dan mudah. Akan tetapi Cans, tetap ya, yang harus kamu perhatikan adalah yang kamu makan adalah makanan yang sehat.

2. Konsumsi Protein, Lemak, dan Sayuran

Selama menjalani diet rendah karbohidrat makanan yang kamu konsumsi harus mencakup protein, lemak, dan sayuran.

Dalam satu hari, cobalah untuk makan dua sampai tiga kali, namun jika kamu masih lapar, kamu boleh makan empat kali sehari.

Dengan porsi protein, lemak, dan sayuran lebih banyak akan membuat asupan karbohidrat berkurang sekitar 20-50 gram per hari.

Untuk protein, kamu bisa mendapatkan makanan berprotein tinggi pada daging merah tanpa lemak, ikan dan makanan laut, telur, dan protein nabati.

Dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein dapat meningkatkan pembakaran kalori antara 80-100 kalori per hari.

Mengkonsumsi makanan tinggi protein juga mampu mencegah kita untuk makan berlebih dan yang pasti membuat kita kenyang lebih lama.

Lalu untuk sayuran, kamu bisa mengkonsumsi brokoli, kembang kol, bayam, tomat, kubis, selada, timun dan masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa kami sebutkan.

Jangan takut untuk membuat piringmu penuh dengan sayuran. Tenang saja cans, para kaum sayuran didesain untuk memenuhi nutrisi tubuh dan hebatnya lagi kamu boleh makan dalam jumlah besar asal tidak berlebihan ya.

Kamu juga akan lebih sehat karena sayuran kaya akan serat, vitamin dan mineral.

Dan yang terakhir Lemak.

Kita seringkali menyalahkan lemak dan menganggap lemak sebagai musuh. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah kesalahan kitalah yang mengkonsumsi lemak secara berlebih sehingga mereka tidak lagi punya tempat dalam tubuh kita dan berakhir dengan tubuh kita yang melebar. Tubuh tetap membutuhkan lemak, tapi lemak yang sehat. Dan melakukan diet rendah lemak dan rendah karbohidrat secara bersamaan akan menyulitkan program diet kita

Kamu bisa mendapatkan lemak sehat dari minyak zaitun, minyak kelapa, buah alpukat, dan mentega.

3. Angkat Beban Seminggu Tiga Kali

Langkah ketiga yang kami sarankan adalah dengan angkat beban. Sebenarnya cara ketiga adalah cara yang boleh untuk tidak dilakukan. Tapi, cara ini sangat disarankan karena akan berdampak positif bagi tubuh.

Dengan melakukan angkat beban, kamu akan lebih bayak membakar kalori dan juga bisa mencegah turunnya sistem metabolisme tubuh, akibat dari turunnya berat badan.

Sebuah studi tentang diet rendah karbohidrat memaparkan bahwa kamu akan kehilangan banyak lemak tubuh dan mendapatkan sedikit otot.

Kamu bisa mulai mencobanya dengan pergi ke tempat gym, antara tiga sampai empat kali dalam seminggu untuk melakukan olahraga angkat beban. Dan jika kamu masih newbie, kamu boleh minta saran sama pelatihnya.

Jika kamu kurang suka dengan angkat beban, kamu bisa memilih kardio seperti berjalan, jogging, lari, bersepeda, atau berenang.

Setiap satu hari dalam satu minggu, kamu boleh meliburkan diri dengan mengkonsumsi karbohidrat lebih banyak.

Tapi tetap ya Cans, kamu harus memperhatikan darimana sumber karbohidrat yang kamu dapat. Yang kamu konsumsi tetap harus karbohidrat yang sehat. Contoh sumber karbohidrat yang sehat adalah gandum, beras, quinoa, kentang, ubi dan buah. Dan jika terpaksa kamu harus makan sesuatu yang tidak sehat, lakukanlah hari ini.

Dengan tiga langkah yang sudah kami paparkan tadi, kamu tidak perlu repot menghitung kalori dengan catatan karbohidrat yang masuk dalam tubuhmu tetap rendah.

Untuk memudahkan kamu menjalankan diet ini, kami akan memberikan tips, yaitu:
1. Sarapan tinggi protein
2. Jauhi minuman manis
3. Minum air putih sebelum makan
4. Konsumsi makanan yang bisa menurunkan berat badan
5. Konsumsi serat larut
6. Minum kopi atau teh
7. Konsumsi real food
8. Makan pelan-pelan
9. Menimbang setiap hari
10. Tidur cukup

Untuk beberapa hari pertama selama menjalani diet ini, mungkin tubuhmu akan merasa sedikit aneh. Tubuh dalam masa adaptasi, yang sebelumnya menggunakan karbohidrat sebagai seumber energi kemudian berubah menjadi lebih sering membakar lemak. namun hal tersebut akan berakhir dalam beberapa hari saja.

Dampak positif dari diet ini adalah menurunnya kadar gula darah, trigliserida cenderung turun, LDL turun, HDL naik dan meningkatnya tekanan darah.

Dalam program diet ini kamu boleh makan makanan sehat sampai kenyang.

Sebuah studi yang membandingkan diet rendah lemak dan rendah karbohidrat memaparkan jika diet rendah karbohidrat bisa membuatmu kehilangan dua sampai tiga kali lebih banyak berat daripada diet rendah lemak.

Tapi untuk kamu yang menderita diabetes tipe 2, alangkah baiknya jika kamu mengkonsultasikan lebih dulu kepada dokter sebelum menyusun rencana diet ini.

Mungkin segitu dulu cans.

Dan seperti biasa, untuk menunjang program dietmu, kamu juga bisa menambahkan armoura sebagai minuman kesehatan yang bisa kamu masukkan dalam daftar menu sehatmu.

Salam sehat selalu!

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :