Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Merusak Keindahan Wajahmu

/
/
/
98 Views

Hallo cans…

Buat kamu yang pernah mengalami masalah kulit berjerawat yang cukup parah, kemudian setelah sembuh ada banyak bopeng-bopeng bekas jerawat yang mengganggu keindahan wajahmu, sini-sini, merapat. Kita bahas sama-sama mengenai pasal bopeng bekas jerawat.

Rasanya memang nggak nyaman ya cans, apalagi saat berfoto kita harus minta bantuan filter smartphone supaya bopeng-bopeng itu tersamarkan. Atau, bisa juga meminta bantuan pada seperangkat alat make up untuk menutup-nutupi bopeng bekas jerawat itu. Yah, sepintas memang menyenangkan sih, tapi, sepintar-pintarnya kita nutupin bopeng, pasti akan kelihatan juga. Hehew,

Namun, pasti ada saatnya untuk kamu ingin tampil sebagai dirimu sendiri tanpa bantuan filter dan make up. Hanya saja, seringnya kamu terbentur dengan pertanyaan “bagaimana caranya?”

Tenang saja cans, bopeng bukan aib kok dan juga bukan masalah yang serius, hanya saja kalau bopeng itu sangat mengganggumu dan membuatmu tidak nyaman, tidak ada salahnya kok untuk menghilangkan bopeng-bopeng itu.

Bagaimana caranya? Mari kita ulas bersama!

Bopeng itu apa sih? Bopeng merupakan bekas luka yang dalam pada kulit, sayangnya jenis bekas luka yang satu ini mirip luka batin, membekas dan susah hilang. Bentuk dan penampakan dari bopeng berupa lubang yang berbentuk cekung.

Untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat memang membutuhkan sedikit usaha keras ya cans. Ada banyak cara yang bisa kamu ikuti, dari cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, sampai cara secara medis.

Yang pertama, kita akan mengulas cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di rumah, caranya adalah sebagai berikut:

1. Asam Salisilat

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan membeli obat produk perawatan untuk jerawat, asam salisilat. Obat ini tak hanya populer untuk mengobati jerawat, tetapi juga dapat membersihkan pori-pori, mengurangi pembengkakan dan kemerahan di kulit.

Selain itu, obat ini bisa menjadi pemicu terjadinya pengelupasan kulit atau menghilangkan lapisan atas kulit.

2. Krim Retinoid 

Krim retinoid bisa menjadi solusi berikutnya untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat lho cans. Obat ini bisa membantu memudarkan bopeng bekas jerawat.

Cara kerja obat ini adalah dengan mempercepat regenerasi sel dan memperbaiki tekstur kulit. Tak hanya itu, dengan menggunakan krim retinoid juga bisa membantu mengurangi perubahan warna di kulit yang disebabkan oleh jerawat.

3. Asam Alfa Hidroksid

Asam alfa hidroksid atau biasa kita sebut dengan alpha hidroxy acids (AHA) adalah bahan yang biasa masuk dalam daftar komposisi produk kecantikan. Banyak perusahaan kecantikan yang memasukkan bahan ini dalam produk mereka.

Hal itu karena, memang, asam alfa hidroksid dapat mengangkat sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pada pori-pori kulit. Menariknya lagi, bahan ini bisa digunakan untuk semua jenis bekas jerawat.

4. Asam Laktat

Jika kamu jeli membaca komposisi produk saat membeli obat jerawat yang dijual di pasaran, biasanya akan ditemukan bahan bernama asam laktat.

Kamu bisa menggunakan bahan ini untuk menghilangkan bekas jerawat lho cans. Karena, cara kerjan asam laktat, cukup efektif untuk menyingkirkan lapisan sel kulit mati untuk mengurangi penampakan bopeng dan memperbaiki tekstur kulit.

Sayangnya, meski memiliki berbagai manfaat, obat ini memiliki efek samping, berupa hiperpigmentasi, dimana kulit akan tampak lebih gelap. Jadi, untuk antisipasi, sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan ke wajah, sebaiknya kamu mencoba produk tersebut di bagian kulit yang lain.

Kamu bisa mendapatkan obat-obatan tersebut di apotek ya cans. Namun, jika kamu masih takut menggunakan obat-obatan itu, kamu bisa mencoba cara-cara alami, seperti menggunakan lidah buaya, minyak kelapa, lemon dan baking soda. Dan jangan lupa, pastikan kalau kamu tidak alergi dengan bahan-bahan tersebut.

Selain dengan obat-obatan yang bisa kamu dapatkan di apotek dan bahan-bahan alami yang bisa kamu petik dari kebun, kamu juga bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat melalui prosedur medis, seperti:

1. Chemical Peeling

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan chemical peeling merupakan cara yang sudah biasa digunakan oleh banyak orang. Prosedur peeling atau pengelupasan kulit bertujuan untuk mengurangi jaringan parut.

Cara ini menerapkan lapisan asam pada wajah yang akan melenyapkan lapisan luar kulit dan membantu meregenerasi sel-sel baru.

Meski tidak benar-benar membuat bopeng hilang, setidaknya, bopeng bekas jerawat akan lebih tersamarkan.

Sayangnya, meski cukup banyak yang menggunakan, bukan berarti cara ini tidak memiliki efek samping. Biasanya, kulit akan jadi kemerahan dan iritasi sesudah pengelupasan.

2. Dermabrasi 

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa kamu coba adalah dermabrasi. Cara ini akan membuat kulit tampak halus merata tanpa menggunakan bahan kimia.

Prosedur yang satu ini menggunakan alat khusus berupa sikat kawat kecil halus yang berputar, untuk mengikis lapisan kulit luar.

Untuk cara ini harus dilakukan oleh dokter yang ahli di bidangnya, karena jika ada yang sedikit dari prosedur ini, bisa berisiko menciptakan bekas luka baru yang besar dan infeksi kulit.

3. Mikrodermabrasi 

Prosedur ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bopeng yang efektif. Dalam prosedur ini tidak menggunakan bahan kimia dan kawat, tetapi menggunakan bahan abrasif, seperti kristal bikarbonat atau aluminium oksida untuk menggosok lapisan kulit.

Umumnya, prosedur medis ini tidak menimbulkan efek samping, sayangnya jika dilakukan secara teratur, efek sampingnya baru kelihatan.

4. Dermal Filler

Dermal filler menjadi cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang direkomendasikan oleh dokter.

Derma filler adalah menghilangkan bopeng dengan cara menyuntik wajah dengan obat seperti asam hialuronat dan kalsium hidroksilapit yang bertujuan untuk meratakan permukaan kulit. Simpelnya, derma filler adalah cara mengisi kulit dengan obat tertentu untuk menambal bagian yang cekung.

Sayangnya, untuk cara ini tidak bisa bertahan seumur hidup. Derma filler hanya bertahan beberapa bulan atau beberapa tahun saja, tergantung dengan produk yang digunakan.

Sayangnya, meski cukup direkomendasikan, metode yang satu ini bisa berisiko iritasi kulit, infeksi atau reaksi alergi

5. Laser Fraksional

Laser fraksional menjadi salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa kamu coba.

Terapi laser yang satu ini bekerja dengan membakar lapisan kulit luar dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

Dengan terapi ini, bopengmu akaan lebih tersamarkan.

6. Lapisan Laser Ablatif

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat berikutnya adalah dengan lapisan laser ablatif. Cara ini bisa bertahan lama lho cans… bahkan sampai bertahun-tahun. Dan kamu juga nggak perlu melakukan perawatan tambahan.

Cara kerja prosedur medis yang satu ini adalah dengan melenyapkan lapisan tipis kulit. Cara ini juga membutuhkan waktu lama untuk perawatan dan pemulihan, skitar kurang lebih 1-2 minggu.

Sayangnya, cara ini memiliki beberapa risiko, seperti perubahan warna kulit, kemerahan dan pembengkakan.

7. Microneeding 

Microneeding adalah menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan metode terapi untuk memproduksi lebih banyak kolagen pada area bekas luka yang cekung.

Cara ini menggunakan jarum-jarum kecil yang digunakan untuk menusuk bagian kulit yang bopeng.

Hanya saja, untuk perawatan ini, kamu membutuhkan beberapa kali terapi untuk mendapatkan hasil kulit halus merata.

Nah, cans, dari cara beli obat sendiri sampai prosedur medis sudah kami beberkan. Yah, setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan ya cans. Jadi, kamu mau coba cara yang mana nih?

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :