Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Membandel?

/
/
/
117 Views
img

Hallo cans…

Ada beberapa masalah kulit wajah yang membuat kita tidak percaya diri. Salah satunya adalah komedo. Apalagi kalau komedonya berkumpul di ujung hidung, berasa bawa landak kemana-mana.

Kali ini cantiknesia akan mengulas tentang komedo dan bagaimana cara mengatasinya.

Berikut penjelasannya!

Komedo itu apa sih?

Komedo merupakan asal muasal munculnya jerawat. Jika kamu menemukan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, itu adalah komedo. Selain muncul di kulit wajah, kamu juga bisa mendapati komedo di bagian tubuh yang lain, seperti bahu, dada, punggung atau lengan.

Tidak seperti jerawat yang bisa menyebabkan rasa sakit, komedo cenderung tidak terasa, kecuali jika komedo mengalami infeksi. Bermula dari infeksi bisa menjadikan kulit kemerahan, bengkak, dan timbul jerawat.

Bagaimana komedo bisa terbentuk?

Penyumbatan yang terjadi pada pori-pori oleh sel-sel kulit mati dan minyak (sebum) adalah penyebab terbentuknya komedo.

Ada dua jenis komedo.

Pertama, komedo putih. Komedo putih adalah yang permukaannya tertutup lapisan kulit. Sebab dinamakan komedo putih adalah karena warnya yang sama dengan warna kulit.

Yang kedua adalah komedo hitam. Jika komedo putih tertutup oleh lapisan kulit, maka komedo hitam adalah yang permukaannya terbuka. Karena permukaannya yang terbuka itu membuatnya terpapar oleh udara dan menjadikan warnanya berubah coklat atau kehitaman.

Lalu, jenis komedo yang mana yang akan dibahas?

Kali ini cantiknesia akan mengulas lebih mendalam tentang komedo hitam.

Apa sih penyebab adanya komedo?

Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana komedo bisa muncul dan merusak penampilanmu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komedo terbentuk saat sel kulit mati dan sebum bertumpuk menyumbat pori-pori.

Kelenjar minyak atau sebum adalah kelenjar yang menghasilkan minyak di dalam pori-pori. Warna komedo berubah menjadi coklat atau kehitaman saat permukaan pori-pori terbuka dan terpapar oleh udara.

Ada faktor-faktor yang menjadikan seseorang rentan berkomedo, diantaranya:

  1. Meningkatnya jumlah bakteri pada permukaan kulit
  2. Iritasi pori-pori kulit, yang bisa diakibatkan dari mencuci muka secara kasar dan efek samping dari peeling atau perawatan sinar laser.
  3. Perubahan hormon, yang biasanya terjadi saat masa pubertas dan menstruasi, yang menjadi penyebab meningkatnya produksi minyak.
  4. Mengonsumsi obat tertentu, seperti kortikosteroid, lithium, atau pil KB.
  5. Kondisi kulit yang terlalu lembab, yang bisa disebabkan oleh penggunaan pelembab di permukaan kulit atau udara yang terlalu lembab.
  6. Terkena bahan kimia pada produk kosmetik, seperti isopropyl myristate atau propylene glycol.
  7. Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi akan kandungan gula dan lemak
  8. Merokok

Apakah komedo perlu diatasi? Apa akibatnya jika tidak ditangani?

Tujuan dari menangani masalah komedo adalah untuk mengurangi minyak berlebih, membantu pengelupasan sel kulit mati dan membunuh bakteri. Kenapa komedo perlu ditangani? Komedo perlu untuk ditangani untuk menghindari terbentuknya jerawat yang berbekas.

Bagaimana cara mengatasi masalah komedo? Apa yang harus aku beli?

Kamu bisa menggunakan benzoil peroksida yang dijual bebas di pasaran. Menghilangkan komedo dengan pore pack hanya bersifat sementara, namun cara ini bisa kamu pakai saat kamu harus menghadiri acara tertentu dan membuat kulitmu terlihat bebas dari komedo.

Jika kamu sudah menggunakan produk-produk yang dijual bebas tapi ternyata tidak membantu, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahlinya yakni dokter kulit.

Dengan berkonsultasi dengan ahlinya kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat, seperti mendapatkan krim yang mengandung azelaic acid, tretinoin, atau adapalene untuk menghentikan penyumbatan pada pori-pori dan pergantian sel kulit.

Dan jika komedo yang kamu miliki sudah terinfeksi dan menjadi jerawat atau bisul, dokter akan memberikan resep krim yang mengandung antibiotik.

Cara menangani komedo tak hanya dengan menggunakan krim, oleh dokter kulit akan dilakukan beberapa cara menyingkirkan komedo.

Pertama, dengan cara manual. Dokter akan memakai alat khusus untuk mengeluarkan komedo.

Kedua,  terapi laser. Dengan terapi laser bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan membunuh bakteri penyebab komedo.

Ketiga, peeling. Metode peeling adalah metode yang menggunakan bahan kimia untuk pengelupasan sel-sel kulit bagian luar. Kemudian, sesudah dikelupas, sumbatan di pori-pori kulit akan terangkat dan permukaan kulit akan tampak lebih halus.

Keempat, mikrodermabrasi. Metode mikrodermabrasi adalah metode yang menggunakan alat khusus utnuk membersihkan bagian paling luar dari permukaan kulit. Metode ini berguna untuk menghilangkan sumbatan penyebab komedo.

Tapi… cans.. meski ada banyak cara yang bisa kamu pakai untuk melenyapkan komedo, alangkah baiknya jika kamu melakukan pencegahan. Bagaimana caranya?

Untuk mencegah sumbatan-sumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit, kamu sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan kulit.

Kamu bisa lakukan cara-cara berikut ini untuk pencegahan, seperti:

  1. Rutin cuci muka. Mencuci muka sebelum dan sesudah bangun tidur menggunakan sabun muka bisa mencegah penumpukan minyak penyebab komedo. Meski dapat mencegah penumpukan minyak, namun usahakan untuk tidak mencuci muka lebih dari dua kali dalam sehari karena bisa meningkatkan risiko iritasi kulit.
  2. Rutin keramas. Usahakan untuk rutin keramas setiap hari, apalagi jika kamu adalah pemilik tipe rambut berminyak. Minyak yang ada di rambut akan menjadi pemicu tersumbatnya pori-pori pada kulit wajah.
  3. Menjaga kebersihan tangan dan kuku. Penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan kuku, sebab hal tersebut dilakukan untuk mencegah perpindahan kotoran dari tangan dan kuku ke permukaan kulit, utamanya wajah.
  4. Rutin mencuci dan mengganti sarung bantal dan seprai. Usahakan untuk rutin mencuci sarung bantal dan seprai satu minggu sekali dan menggantinya. Hal itu bertujuan untuk menghempaskan sisa kotoran dan minyak di tempat tidur.
  5. Menghindari makanan tinggi gula dan lemak. Dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi gula dan lemak, dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit.
  6. Menggunakan produk perawatan kulit yang dapat mengangkat kulit mati, seperti masker kulit dan produk perawatan kulit yang mengandung scrub, scrub yang terkandung dalam produk tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati.
  7. Menghindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak, seperti losion, tabir surya, dan produk kecantikan yang mengandung minyak lainnya, karena dapat memicu timbulnya komedo.

Nah, cans itu tadi adalah penjelasan mengenai komedo dan bagaimana cara menangani serta pencegahannya. Semoga bermanfaat ya!

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :