Apa Penyebab Kulit Kering? dan Bagaimana Mengatasinya?

/
/
/
93 Views

Memiliki masalah kulit kering sepintas memang terlihat sepele. Namun, kenyataannya bagi sebagian besar orang, kulit kering bisa sangat mengganggu. Karena, para pemilik masalah kulit kering akan cenderung mudah gatal, ruam, bersisik dan mengelupas.

Hal itu, membuat para penderitanya rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit demi perawatan kulit mereka. Hal itu mereka lakukan demi memiliki kulit yang halus, sehat, kenyal dan berseri.

Tapi, tenang saja cans, untuk mengatasi kulit kering tidak harus mengeluarkan banyak budget kok. Kamu bisa mengatasi masalah kulit kering dengan cara yang sederhana dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Di kesempatan kali ini, cantiknesia akan membahas apa penyebab kulit kering dan bagaimana sih cara mengatasinya.

Yuk kita simak!

Kulit kering itu apa sih?

Kulit kering adalah terjadinya masalah di lapisan kulit paling atas (epidermis) karena tidak terhidrasi dengan baik. Yang menjadikan kulit mudah gatal, bersisik, mengelupas dan pecah-pecah.

Nama lain dari kulit kering adalah xerosis. Semua bagian tubuh bisa mengalami kondisi tersebut, namun, biasanya yang sering terkena xerosis adalah bagian kaki dan tangan.

Kulit kering bisa dialami oleh siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Tetapi, kondisi kulit kering biasanya dialami oleh kaum lansia. Sebab, saat orang sudah memasuki usia lanjut, mereka mengalami peurunan jumlah minyak sebagai pelumas alami kulit.

Meski begitu, masalah kulit kering bisa terjadi karena kondisi kesehatan, tempat tinggal, dan lamanya waktu berada di ruangan terbuka.

Saat mengalami kulit kering, maka kulit akan lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Apabila, kamu salah satu orang yang memiliki masalah kulit kering yang sudah sangat parah dan tidak ditangani, maka bersiaplah dengan deretan komplikasi yang menunggu, seperti infeksi bakteri, eksim, sampai retakan kulit yang berdarah.

Seperti apa tanda-tanda dan gejala-gejala kita mengalami kulit kering?

Terjadinya kulit kering ditandai dengan beberapa gejala, diantaranya kulit terasa dan tampak kasar. Tak hanya itu, penderita kulit kering juga akan merasakan sensasi kulit yang mengencang atau kaku, setelah mandi atau saat berenang. Lalu muncul rasa gatal (pruritus) dan kemerahan.

Selain gejala-gejala tersebut, pemilik kulit kering juga akan mendapati retakan atau garis-garis halus, bersisik, mengelupas, kulit berwarna keabuan (pada orang yang memiliki kulit berwarna gelap), dan yang paling parah, pecah-pecah dalam dan bisa mengeluarkan darah.

Lalu, apa penyebab terjadinya kulit kering?

Setelah memahami tanda-tanda dan gejala kulit kering, kita akan mengulas penyebab terjadinya kulit kering. Penyebab terjadinya kulit kering bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  1. Iritasi

Terjadinya kulit kering bisa disebabkan oleh iritasi. Iritasi bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya, sabun dan parfum, kain atau bahan pakaian, dan bahan yang dipakai untuk mencuci pakaian, seperti deterjen dan pelembut kain.

2. Menggosok Kulit

Penyebab terjadinya kulit kering juga bisa disebabkan oleh menggosok kulit. Menggosok kulit merupakan salah satu aktivitas yang bertujuan untuk membersihkan kulit. Sayangnya cara menggosok kulit yang salah juga bisa menyebabkan kulit kering, seperti penggunaan alat gosok seperti spons. Menggosok kulit dengan spons akan menciptakan gesekan yang berpotensi merusak lapisan kelembaban di permukaan kulit, dan membuat kulit mengalami kekeringan.

3. Usia yang Semakin Bertambah

Penyebab kulit kering berikutnya adalah usia yang semakin bertambah. Semakin usia bertambah, kulit akan makin tipis dan kering. Hal tersebut masuk dalam kondisi yang wajar terjadi, karena saat orang menua, hormon yang diproduksi tubuh semakin berkurang, termasuk hormon-hormon yang berkaitan dengan kesehatan kulit.ang berhubungan dengan kesehatan kulit

4. Kebiasaan Menggosok Badan dengan Handuk Setelah Mandi

Penyebab kulit kering yang keempat adalah kebiasaan buruk setelah mandi. Kita semua tahu jika mandi adalah kebiasaan yang baik dan bisa membantu melembabkan kulit. Tetapi, jika setelah selesai mandi kamu langsung menggosokan handuk ke badan sampai kering, kelembaban itu akan hilang dan membuat kulit jadi kering.

5. Memakai Sabun yang Salah

Penyebab kulit kering yang kelima adalah memakai sabun yang salah. Gunakan selalu sabun yang memang diperuntukkan untuk kulit ketika mandi, karena jika tidak, akan memicu terkikisnya pelembab alami pada kulit. Hal itu akan membuat kulit jadi kering. Menggunakan sabun yang menggunakan formulasi kuat seperti antiseptik juga berisiko terjadinya kulit kering.

6. Perubahan Cuaca

Untuk penyebab kulit kering yang keenam adalah perubahan cuaca. Tentu hal ini bukan sesuatu yang bisa kita kendalikan ya cans.

Perubahan cuaca berpengaruh terhadap tingkat kelembaban udara. Kekeringan kulit bisa terjadi saat kondisi kelembaban udara terlalu rendah. Kamu pasti pernah berada di ruangan yang dingin, tapi kulitmu malah terasa kering, kondisi itu karena memang semakin rendahnya kelembaban udara, kulit makin terasa kering

7. Mandi Uap

Penyebab kulit kering yang berikutnya adalah mandi uap. Mandi uap panas memang bisa memberikan sensasi nyaman dan menyenangan ya cans, sayangnya, hal itu bisa memicu terjadinya kulit kering. Kenapa? Hal ini disebabkan oleh suhu panas air membuat minyak alami kulit akan semakin cepat kering.

8. Kondisi Kesehatan Tertentu

Penyebab kulit kering yang terakhir ialah adanya suatu kondisi kesehatan tertentu yang dialami oleh penderitanya. Apabila kondisi kulitmu bersisik dan kemerahan, mungkin kamu menderita penyakit tertentu seperti dermatitits atopik atau psoriasis. Sedangkan kulit bersisik dan kemerahan mungkin dipengaruhi oleh kondisi medis seperti diabetes atau kurang aktifnya kelenjar tiroid.

Bagaimana cara mengatasinya?

Kamu bisa mengatasi kulit kering secara mandiri di rumah lho cans. Gimana caranya?

a. Menghindari penggunaan air panas untuk mandi
b. Kalau mandi jangan lama-lama, karena air yang air yang ada di permukaan tubuh akan menguap.
c.Memakai sabun pelembab waktu mand, karena sabun tersebut akan membuat kulitmu ternutrisi dari luar.
d. Hindari menggosok-gosok kulit dengan handuk
e. Membalurkan pelembab tubuh, seperti losion sesudah mandi
f. Memakai minyak kelapa, minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh bersifat emolien yang bekerja sebagai pelembab kulit kering dan membuat kulit jadi halus.
g. Mandi oatmeal, ekstrak oatmeal mengandung sifat antiperadangan dan antioksidan yang baik untuk perawatan kulit kering atau kamu bisa memakai sabun yang mengandung ekstrak oatmeal
h. Mengoleskan madu, madu bersifat melembabkan, menyembuhkan dan antiperadangan, sehingga sangat cocok untuk perawatan kulit kering.
i. Mengusapkan petroleum jelly, juga dikenal minyak mineral, bahan tersebut bisa menutup kulit dengan lapisan pelindung yang menjaga kelembaban di bawahnya.
j. Memakai humidifier di rumah, benda ini memiliki fungsi melembabkan udara dalam ruangan dan menjaga kelembaban udara lebih terjaga.
k. Cukup minum air putih, hal ini tentunya sangat wajib untuk pemiliki kulit kering, agar kebutuhan cairan terpenuhi dengan benar.

Nah, cans itu tadi ulasan mengenai penyebab kulit kering dan bagaimana cara mengatasinya, apakah kamu sudah mulai dapat pencerahan untuk mengatasinya sendiri? Atau masih ragu untuk mengaplikasikannya di rumah?

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :