12 Cara Merawat Rambut

/
/
/
74 Views
img

Semua orang tahu kalau rambut adalah mahkota bagi wanita. Memiliki rambut yang sehat dan indah tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri. Sayangnya, keindahan rambut seringkali terganggu dengan munculnya masalah rambut kering dan kusam. Tentu saja, hal tersebut akan sangat mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat rasa percaya diri.

Biasanya kita akan bingung dengan adanya masalah rambut tersebut. Dan mulai memikirkan cara merawat rambut yang benar, karena jika salah, bukannya teratasi, masalah rambut justru akan semakin parah.

Karena alasan itu, cantiknesia akan membagikan 12 cara merawat rambut kering.

Yuk langsung saja!

1. Menggunakan Produk yang Memiliki Fungsi Melembabkan.

Langkah awal merawat rambut kering dan kusam adalah meggunakan produk perawatan rambut yang memang difungsikan untuk rambut kering.

Menggunakan shampo atau kondisioner yang mempunyai kandungan melembabkan sangat baik untuk diaplikasikan pada rambut kering.

Karena, biasanya, shampo yang berfungsi khusus mengatasi rambut kering memiliki pH yang lebih rendah untuk menjaga kelembaban rambut.

Kamu bisa memilih produk shampo yang memiliki kandungan argan, kandungan tersebut dikenal sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit dan rambut.

Dan selalu pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak shampo saat keramas.

2. Rutin Pakai Hair Mask

Langkah berikutnya adalah rutin pakai hair mask. Menggunakan hair mask tidak perlu menunggu rambut rusak dan kering terlebih dulu.

Gunakan hair mask secara rutin. Fungsi hair mask sendiri adalah untuk melembabkan dan menutrisi rambut supaya tidak kering.

Pilihlah produk hair mask yang memang dibuat khusus mengatasi rambut kering. Tapi, jika ragu dengan produk yang beredar di pasaran, kamu bisa meramunya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti, madu, minyak zaitun, minyak kelapa, atau lidah buaya.

Kamu bisa rutin menggunakan hair mask setiap 1-2 kali tiap minggu.

3. Tahu Saat yang Tepat untuk Keramas

Cara merawat rambut kering berikutnya adalah mengetahui kapan saat yang tepat untuk keramas.
Kita seringkali punya pikiran bahwa keramas setiap hari sangat bagus untuk rambut, sayangnya, pemikiran itu salah. Karena jika kita keramas setiap hari, yang terjadi adalah rambut akan kehilangan minyak alaminya.

Hal tersebut akan menyebabkan rambut menjadi kering dan bercabang..

Jadi, waktu yang disarankan untuk keramas adalah dua hari sekali.

4. Menggunakan Kondisioner Setelah Keramas

Setelah tahu kapan saat yang tepat untuk keramas, cara merawat rambut berikutnya adalah dengan menggunakan kondisioner sesudah keramas.

Kita sering melewatkan cara ini, tapi sebenarnya menggunakan kondisioner cukup penting untuk diaplikasikan.
Sebab, kondisioner berperan seperti pelembab yang bisa menggantikan minyak rambut yang hilang sesudah keramas.

Manfaat lain dari kondisioner adalah dapat membuat rambut lebih berkilau, tidak rapuh, dan tidak bercabang.

5. Mengurangi Pemakaian Catokan dan Hair Dryer

Selesai keramas, kita seringkali tidak sabar menunggu rambut kering dan akhirnya menggunakan hair dryer. Panas yang dikeluarkan oleh hair dryer akan membuat kulit jadi kering lho cans.

Jadi, cobalah untuk mengurangi pemakaian pengering rambut tersebut.

Selain mengurangi pemakaian hair dryer, kamu juga harus mengurangi pemakaian catokan, sama dengan hair dryer, panas yang dihasilkan oleh catokan tidak baik untuk kesehatan kulit rambutmu.

Akan tetapi, jika kamu memang dalam keadaan terpaksa harus menggunakan dua benda tersebut, pastikan benda itu berasal dari merek yang terpercaya. Tak hanya itu, kamu juga harus menggunakan vitamin rambut atau produk-produk lain yang memang berfungsi untuk melindungi rambut dari panasnya catokan dan hair dryer.

6. Hindari Penggunaan Air Hangat pada Rambut

Cara merawat rambut yang keenam ini, akan membuatmu sedikit terkejut. Pasalnya, sebagian bear dari kita sangat percaya bahwa mandi dengan air hangat akan membuat tubuh lebih nyaman. Tak hanya itu, mandi air hangat juga dipercaya memiliki banyak manfaat.

Tapi, tahukah kamu cans? kalau ternyata air hangat atau air panas tersebut bisa membuat kulit dan rambut jadi kering. Jadi disarankan untuk kalian pemilik rambut kering untuk menghindari penggunaan air hangat saat keramas.

7. Mengonsumsi Vitamin Khusus Rambut

Tak hanya tubuh bagian dalam yang membutuhkan vitamin, anggota tubuh bagian luar seperti rambut juga membutuhkan vitamin khusus. Rambut memiliki hak yang sama dengan anggota tubuh yang lain.

Kalau buah dan sayur-sayuran yang kamu konsumsi masih kurang, alangkah baiknya jika kamu menambah asupan vitamin tubuh dan rambut dengan mengonsumsi suplemen vitamin.
Vitamin rambut juga bisa membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat, selain itu, kesehatan rambut juga akan lebih terjaga.

8. Memakai Vitamin Rambut

Cara merawat rambut yang kedelapan adalah memakai vitamin rambut. Sesuaikan dengan kondisi rambutmu. Apalagi, jika kamu sedang menjalani proses styling pada rambutmu, maka kamu butuh memakai produk vitamin rambut untuk menjaga rambut dari gangguan panas alat-alat tertentu.

Selain itu, dengan memakai vitamin rambut, rambutmu akan tampak lebi halus dan berkilau.

9. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara merawat rambut berikutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Merawat rambut tidak melulu harus dari luar, kamu juga harus melakukannya dari dalam, seperti dengan memperbanyak minum air putih. Air putih berguna untuk mejaga rambut dari kekeringan. Jadi, sangat dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas atau setara 2 liter dalam satu hari.

10. Rajin Memotong Rambut

Cara merawat rambut yang kesepuluh adalah dengan rutin memotong rambut. Rambut yang dipotong secara rutin akan terhindar dari kerusakan rambut, seperti kering dan bercabang. Selain itu, dengan rajin memotong rambut juga akan membuat rambut lebih sehat .

11. Hindari Mewarnai Rambut

Menghindari pewarnaan rambut adalah cara merawat rambut berikutnya. Sebab, dalam proses mewarnai rambut akan melibatkan zat-zat kimia yang bisa membuat rambut jadi kering.

Sangat tidak dianjurkan untuk pemilik rambut kering melakukan pewarnaan rambut. Apalagi, jika dalam proses tersebut harus ada tahapan bleaching, maka rambutmu akan sangat kering dan rapuh.

12. Melindungi Rambut dengan Penutup Kepala

Cara merawat rambut yang terakhir adalah dengan menggunakan penutup kepala. Apalagi jika termasuk orang yang aktivitas sehari-harinya berada di luar ruangan. Penutup kepala yang kamu gunakan akan melindungi rambut dan mencegah paparan sinar matahari dan cuaca ekstrim yang bisa membuat rambut jadi kering dan kusam.

Tak hanya itu, dengan menggunakan penutup kepala, rambutmu akan terlindungi dari debu dan polusi, hal tersebut akan membuat rambutmu tetap bersih.

Namun, kamu jangan terlalu sering menggunakan penutup kepala, sebab, kamu juga harus memberi rambutmu kesempatan untuk bernafas.

 

Nah… Cans.. itu tadi 12 cara merawat rambut yang harus kamu tahu. Sangat mudah bukan? Tak hanya mudah, kamu juga bisa melakukannya dari rumah. Jangan lupa untuk selalu rutin menerapkan cara-cara tadi agar mahkotamu semakin cantik.

Selamat mencoba!

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :